Softskiil Tulisan Koperasi (Keunggulan Bisnis dan Mengapa Bisnisnya Tidak Berkembang)

Keunggulan Bisnis dan Mengapa Bisnisnya Tidak Berkembang

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sebagian atau sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan. Setiap orang yang membangun bisnis pasti sangat mengharapkan bisnisnya dapat berkembang atau mengalami kemajuan yang signifikan. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Mengapa?

  • Tidak pandai cari peluang. Orang yang mengalami kegagalan dalam berbisnis, umumnya adalah orang yang tidak pandai dalam mencari peluang usaha. Maksudnya adalah ia tidak mampu mengelola peluang tersebut menjadi sebuah keuntungan.
  • Tidak memiliki kemampuan mengelola keuangan. Keuangan adalah faktor penunjang dalam suatu perusahaan. Nah, jika keuangan tidak mampu dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan menggangu kegiatan yang ada di dalamnya.
  • Salah memilih karyawan. Karyawan adalah kunci utama dalam keberhasilan bsinis. Pasalnya, merekalah yang membuat dan menciptakan produk yang akan ditawarkan kepada pembeli. Jika karyawan yang direkrut tidak berkompeten, bukan tidak mungkin akan membuat produk berkualitas rendah. So, tentunya akan membuat pelanggan tidak tertarik untuk membelinya.

Tak jarang para pebisnis mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini bisa disebabkan karena ketidakjelasan visi dan misi, kurangnya pengetahuan dalam melakukan rencana keuangan, atau karena rendahnya penjualan dari produk yang ditawarkan. Di samping itu, ada faktor yang memberikan kemungkinan terbesar terhadap kegagalan dalam bisnis tersebut. Apa itu? Yup, sifat buruk dari pebisnis tersebut yang menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis. Misalnya mudah menyerah atau putus asa, dll.

Oleh sebab itu, menurut kutipan dari artikel di www.wikiwebz.com untuk menjadi pebisnis harus memiliki beberapa sifat-sifat  berikut ini agar tidak mengalami kegagalan dalam bisnisnya.

Ulet, tekun, dan disiplin. Seorang pebisnis tentunya harus memiliki sifat ulet dan tekun dalam bisnisnya. Dalam artian, ia terus mencari cara untuk memajukan bisnisnya atau mencari jalan keluar terhadap resiko yang mungkin dihadapi. Disiplin terhadap waktu juga perlu dimiliki oleh seorang pebisnis. Ia mengganggap waktu adalah uang yang tidak akan sedikit pun di sia-siakan.

Jujur. Salah satu yang membuat kepercayaan konsumen untuk membeli secara terus-menerus produk yang ditawarkan pebisnis adalah sifat dari pebisnis yang jujur. Dimana ia akan mengatakan dengan sejujurnya tentang produk yang ditawarkannnya, baik maupun buruknya.

Berani. Seorang pebisnis tentunya harus berani mengambil resiko yang harus dihadapi. Meskipun pada akhirnya akan mengalami kegagalan, ia akan mengganggap kegagalan tersebut sebagai awal dari kesuksesan.

 

Sumber :

  1. 1.      http://www.vamosporelnobel.com/archives/category/bisnis

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: