Raih Peluang Usaha Dari Munculnya Trend Rainbow Cake

 

 

 

DuniaWirausaha.com – Mendengar namanya saja baru pertama kali, wujudnya seperti apa juga belum punya gambaran. Kaget juga saat membeli kue pesanan anak minta dibelikan kue yang namanya “Rainbow Cake”. Kemudian saat ditanya sama penjaga toko kue, “ Mau beli berapa slice pak ?”. Kok nanya slice sih (ukurannya kok kecil amat). Namun kemudian menjadi mahfum kenapa ditanya beli berapa slice karena harga satu slicenya saja Rp 23.000. Alamak mahal sekali untuk ukuran satu potong kue. Terus berapa harga satu loyangnya, tentu harganya bisa ratusan ribu. Setelah melihat wujud dan betapa rumit dalam pembuatannya akhirnya maklum juga kalau harganya mahal. “Ono rego – ono rupo” begitu pepatah orang jawa. Kualitas dan harga adalah berbanding lurus. Bagaimana peluang usaha baik sebagai pembuat atau reseller dari rainbow cake ini mari kita telisik bagaimana enaknya bisnis ini.

Itulah kue yang saat ini lagi booming ingin dinikmati oleh banyak orang lain yaitu rainbow cake atau kue pelangi. Seperti namanya pelangi berarti tersusun dalam berbagai warna. Saat ini karena lagi banyak peminat, maka tidak mengherankan banyak toko kue yang menempatkan rainbow cake ini sebagai primadona di etalase dagangannya.

Fenomena kue pelangi yang lagi booming tidak hanya dinikmati di tanah air saja namun juga oleh penggemar kue seluruh dunia. Dengan trend kue ini tentu menambah khasanah kue yang populer termasuk kue yang sebelumnya ngetop seperti kue brownies. Meski kue pelangi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, namun baru booming akhir-akhir ini. Dengan semakin banyaknya penggemar kue ini tentu saja membuka peluang usaha untuk mendulang rejeki.

Memulai usaha membuat kue pelangi ini bisa dimulai dari modal usaha yang sangat minim. Dengan modal usaha yang berkisar hanya ratusan ribu sudah dapat digunakan untuk membeli bahan baku pembuat kue (asumsi tidak perlu membeli peralatan membuat kue). Bagi pemula yang jago kuliner khususnya membuat kue bisa memulai usaha ini dengan menawarkan kepada lingkungan terdekat seperti kepada rekan dan saudara. Menawarkan kepada lingkungan terdekat ini perlu dilakukan karena dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran baik dalam wirausaha maupun mematangkan kemampuan teknik kuliner. Saudara atau teman ini akan memberikan masukan yang obyektif mengenai kualitas dan rasa kue yang dihasilkan. Bila hasilnya memuaskan maka pasarnya bisa diperbesar dengan menwarkan kepada umum.

Nah bagi yang tidak bisa membuat kue sendiri apakah bisa memanfaatkan peluang dari merebaknya rainbow cake ini? Jawabannya adalah bisa, sebagai reseller kue juga terbuka kesempatannya.

Ada beberapa info lain yang perlu anda ketahui sebelum memulai usaha ini seperti segmen pasar, faktor hiegene, distribusi, dan kemasan. Segmen yang menggemari kue pelangi ini kebanyakan menengah keatas. Hal ini tidak mengherankan karena harga kue perpotongnya ditawarkan antara 25 ribu hingga 40 ribu/slice. Dan untuk satu loyang besar bisa mencapai harga 300 – 600 ribu. Margin keuntungan yang bisa ditangguk juga lumayan besar, biasanya bisa mengambil keuntungan hingga 30%

Warna kue pelangi yang meriah ini tentu banyak menggunakan pewarna, oleh karenanya sebaiknya menggunakan pewarna yang alami atau yang aman. Penggunaan warna alami seperti kunyit, daun pandan, dan buah bit bisa dicoba untuk menggantikan pewarna buatan. Hindari pula zat aditif yang tidak perlu seperti pengawet karena akan mengganggu kesehatan. Pengemasan adalah salah satu faktor yang penting bagi wirausaha yang memulai usaha ini. Kue ini sangat “delicate” alias lembut sehingga harus hati-hati dalam membawanya agar konsumen tidak kecewa saat menerima kue pesanannya. Bila pemesan dari luar kota bisa menggunakan jasa kurir namun kemasannya harus sudah dipastikan aman dan tidak akan merusak bentuk dan rasa kue.

 

  1. 1.             Kekuatan : Warnanya yang unik dan berwarna-warni seperti pelangi menarik pelanggan untuk mencoba kue pelangi. Walaupun harganya relatif mahal tapi dapat diimbangi dengan rasa yang enak dan kemauan pengusaha untuk memperbaiki cita rasa yang ditawarkan.
  2. 2.             Kelemahan : Harga relatif mahal dan biasanya dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas.
  3. 3.             Peluang : Memboomingnya fenomena kue pelangi yang dinikmati tidak hanya di tanah air tapi juga di luar negeri. Ini akan menjadi sarana bagi berkembangnya tren kue di tanah air.
  4. 4.             Ancaman : Kue pelangi merupakan kue yang sangat lembut, jadi ketika dalam proses pengemasan harus sangat hati-hati dan sudah dipastikan aman serta tidak akan merusak bentuk dan rasa kue. Selain itu, karena sedang memboomingnya kue pelangi maka akan banyak sekali pesaing-pesaing di pasaran.

 

Sumber  : http://www.duniawirausaha.com/2012/07/raih-peluang-usaha-dari-munculnya-trend.html

Kelompok Manajemen 1EB25

  1. Ayu Mutiah Khomsiatun (28212045)
  2. Eka Fitriana (22212405)
  3. Utrin Safitri (27212535)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: